tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Ibm Pengrajin Wayang Kulit Di Desa Sidowarno Gedong Sukoharjo
2013-10-24, by admin
 

Pengrajin Wayang Kulit yang berada di Desa Sidowarno, Gedong, Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo yang terletak kira-kira 10 km dari Jalan raya Solo-Sukoharjo dan 25 km dari Jurusan AT-AUB Surakarta. telah berhasil memprodusksi Wayang Kulit. Namun demikian,dalam perkembanganya,kebudayaan tradisional termasuk wayang kurang dipelihara dengan baik terutama oleh generasi muda Indonesia yang merupakan generasi penerus kemajuan bangsa. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya apresiasi dari minat para generasi muda akan pengetahuan maupun kebudayaan wayang itu sendiri. Dengan kapasistas yang dimiliki sudah selayaknya  AT-AUB Surakarta memainkan  peran yang sangat esensial untuk turut menciptakan lebih banyak lagi pengrajin-pengrajin wayang kulit ,untuk menggali se bagian dari nilai-nilai filosofbudaya jawa dalam wayang kulit,karena wayang merupakan bahasa symbol bagi masyarakat khususnya masyarakat jawa yang lebih bersifat sebagai pendidikan etika dan rohaniah. Untuk itu,memahami nilai-nilai wayang merupakan salah satu upaya untuk membangun watak bangsa yang berkualitas dan berjati diri. Dalam menunjang kemajuan pada setiap bidang kehidupan, tidak dapat dipungkiri lagi. Termasuk dalam dunia pendidikan, peran teknologi informasi memiliki tempat yang strategis untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Saat ini penerapan kearifan nilai-nilai budaya lokal dalam kehidupan dimasyarakat, seperti rasa tolong - menolong saling menghormati,sopan satun dan nilai-nilai kepemimpinan,yang dulu sangat dijunjung tunggi oleh masyarakat,dewasa ini nampaknya semakin pudar.

              Kalau ditinju dari  jumlah dan kemampuan  tenaga kerja yang dimiliki  Pengrajin Wayang Kulit sudah cukup untuk melayani pasar , akan tetapi   permasalahan yang sangat mendasar yang dihadapi oleh Pengrajin Wayang adalah sistim pengeringan kulit dan pemblendingan gapit wayang masih dengan sinar matahari dan lampu dimar.  Tujuan kegiatan pengabdian IbM ini adalah untuk membantu merancang dan membuat Alat pengering kulit dan blendingan gapit wayang tersebut.

            Metode yang dilakukan dalam kegiatan IbM adalah pendampingan dan penyuluhan cara melakukan promosi, pengembangan produk dan penerapan teknologi dalam pembuatan Alat Oven kulit dan Blending Gapit Wayang , yang semuanya dilaksanakan dengan tim IbM Jurusan Teknik Mesin AT-AUB Surakarta.

 Hasil kegiatan pengabdian IbM ini berupa (1) Alat Oven Kulit, (2) Blending Gapit Wayang, sehingga dalam sistem pengeringan kulit sebagai bahan baku pembuat wayang tidak tergantung dari sinar matahari serta pembengkoan atau pembentukan gapit wayang bisa dilakukan dengan mudah tanpa teganggu kesehatannya.

 

Kata kunci: Pengrajin wayang,Ove kulit,Blending gapit wayang.

Selengkapnya silakan kunjungi : Ibm Pengrajin Wayang Kulit Di Desa Sidowarno Gedong Sukoharjo

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.