tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Ana Dina Ana Upa "prinsip Dasar Filosofis Masyarakat Orang Jawa Dalam Tingkah Laku Ekonomis"
2011-10-27, by Mulyoto
 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya gejala atau fenomena perubahan pola pikir dan pola tingkah laku masyarakat Jawa, khususnya masyarakat Surakarta. Perubahan pola pikir dan pola tingkah laku ini tampaknya erat kaitannya dengan mulai memudarnya budaya masyarakat sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi, keberhasilan program pelaksanaan pembangunan khususnya bidang fisik materiil, dan pengaruh globalisasi. Sehingga dikawatirkan dalam kondisi yang demikian ini akan mengancam kelestarian kepribadian masyarakat orang Jawa, sebagai ciri khasnya.

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah bagaimana makna filosofis pernyataan tradisional Ana Dina Ana Upa dalam kehidupan masyarakat orang Jawa, bagaimana kaitan antara hakekat pernyataan tersebut dengan tingkah laku ekonomis masyarakat orang Jawa, serta bagaimana relevansi pernyataan tersebut dalam kehidupan masyarakat orang Jawa sekarang.

Data yang diperlukan diperoleh melalui beberapa cara, yaitu dengan wawancara mendalam (indepth interviewing) berdasarkan pertanyaan-pertanyaan pedoman terhadap para informan, content analysis atas dokumen-dokumen tertulis, dan observasi langsung dan tidak langsung terhadap gejala atau fenomena tingkah laku sosial ekonomi masyarakat orang Jawa.

 Sesuai dengan jenis penelitian kualitatif, data di dalam penelitian ini dianalisis berdasarkan model analisis interaktif, berdasarkan cara kerja deskriptif fenomenologis,  intuisi kontemplatif, dan reflektif fenomenologis.

Berdasarkan teknik analisis tersebut, penelitian ini dapat mengambil suatu simpulan bahwa : (1) Pernyataan atau ungkapan lama Ana Dina Ana Upa merupakan suatu falsafah hidup yang perlu dihayati dan  direnungkan dengan melibatkan seluruh potensi kejiwaan, cipta, rasa, dan karsa, agar dapat menangkap makna yang sesungguhnya atas ungkapan tersebut. (2). Pernyataan atau ungkapan Ana Dina Ana Upa merupakan falsafah yang masih dipegang sebagai prinsip dasar di dalam tingkah laku ekonomis yang bersifat religius bagi masyarakat orang Jawa. (3) Pernyataan atau ungkapan Ana Dina Ana Upa secara filosofis masih relevan dalam kehidupan masyarakat Jawa, khususnya di Surakarta yang sadar budaya dan  tidak terpengaruh oleh pengaruh perkembangan iptek, pembangunan materiil dan pengaruh globalisasi pada saat sekarang ini.

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.